Kumpulan Resep Masakan dan Kue

Resep Ayam Tandoori Khas India

Artikel terkait : Resep Ayam Tandoori Khas India

Resep Ayam Tandoori Khas India - Masakan India merupakan salah satu masakan yang populer di  dunia, tidak hanya di negara Asia seperti Bangladesh, Vietnam, atau Thailand, masakan India juga terkenal di negara Eropa dan Amerika. Pada tahun 2003, di Inggris tercatat lebih dari 10.000 rumah makan yang menyediakan masakan India. Selain itu sebuah survey di Amerika Serikat yang dilakukan pada tahun 2007 mengungkapkan terdapat lebih dari 1.200 jenis produk makanan India yang di impor oleh Amerika Serikat sejak tahun 2000. Di negara Asia Tenggara masakan India sudah lama mempengaruhi masakan Malaysia dan Singapura.
Di negara Arab masakan India juga dikenal, ini dikarenakan rasa masakan India yang mirip dengan masakan Arab. Bukan hanya makanan yang dikenal, penyebaran masakan vegetarian pun berasal dari India akibat dari pengaruh buddha yang ada disana. Ciri khas masakan India adalah bahan-bahan makanan yang kaya akan rempah dan sayuran khas India, dan beraneka ragam masakan vegetarian. Masakan India juga mencerminkan keanekaragaman iklim, demografi, dan agama. Agama dan kebudayaan India berperan besar dalam perkembangan seni kuliner India. 

Walau pun demikian interaksi antar budaya dengan kawasan yang bertetangga seperti timur tengah, dan asia tengah menjadikan masakan India percampuran yang unik masakan Asia.
Di India, makanan dimakan sambil duduk dikursi, di lantai, di kursi rendah, atau di bantal duduk. Secara tradisional, makanan langsung dimakan menggunakan tangan, biasanya jari-jari dan telapak tangan kanan, tanpa menggunakan sendok dan garpu. Alat makan seperti sendok dan garpu hanya dipakai oleh kalangan atas yang ada di India Utara, sedangkan rakyat biasa makan menggunakan tangan. Sewaktu makan dengan tangan, suhu makanan bisa dirasakan dengan tangan sebelum dimasukkan ke dalam mulut sehingga mencegah agar mulut tidak melepuh akibat makanan yang panas.
Satu set makanan India terdiri dari beraneka masakan daerah di India dalam mangkuk-mangkuk kecil yang disajikan dalam piring logam berukuran besar. Hidangan ini dilengkapi dengan raita dan beraneka jenis roti-rotian seperti naan, puri, roti, atau nasi,

ASAL-USUL AYAM TANDOORI

Saat ini di Indonesia, mencari makanan khas India bukanlah hal yang sulit. Sudah banyak restoran India yang menyediakan berbagai makanan khas seperti samosa, chapati, chicken tiika, atau nasi briyani. Selain masakan India yang sudah disebutkan tadi, ayam tandoori adalah salah satu makanan yang cukup populer tidak hanya di India tapi juga di Indonesia. 



Sumber: top10indo.com

Masakan ini berasal dari daerah Punjab, India dan sudah ada sejak zaman kerajaan Mughal di Asia Selatan. Umumnya resep ayam tandoori khas India yang dijual di Indonesia sudah mengalami penyesuaian sehingga bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. 
Kata tandoori berasal dari kata "tandoor" yaitu semacam alat masak yang berbentuk seperti gucci besar yang terbuat dari tanah liat dimana ayam dan bumbu-bumbu yang dicampurkan ke dalam tandoor dan dibakar hingga matang. 
Tapi jangan khawatir bagi anda yang ingin mencoba memperaktekan resep ayam tandoori khas India ini dirumah, anda bisa menggunakan oven sebagai pengganti tandoor. Bagaimana? penasaran ingin mencoba membuat makanan yang satu ini? kali ini kami akan memberikan anda resep ayam tandoor khas India, berikut resepnya!


Bahan-bahan:

·   1 ekor ayam (800 gram) potong menjadi 8 bagian
·   2 sendok makan air perasan jeruk nipis
·   3 siung bawang putih, haluskan
·   1 cm jahe, haluskan
·   20 gram cabai merah, haluskan
·   4 sendok makan yoghurt
·   1 sendok teh jintan
·   1 sendok teh garam masala
·   1 sendok teh paprika bubuk
·   2 sendok teh garam
·   2 sendok teh mentega tawar

Bahan pelengkap:

·   Irisan jeruk lemon
·   50 gram bawang bombay, potong melintang

Cara membuat:

1.  Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis, bawang putih, jahe, dan cabai, hingga merata. Masukkan ke dalam pinggan tahan panas, diamkan dalam lemari pendingin selama 30 menit.

2.  Campurkan yoghurt, jintan, garam masala, paprika bubuk, dan garam hingga merata. Sisihkan.

3.  Keluarkan ayam dari lemari pendingin, lumuri ayam dengan campuran yoghurt, tutup, diamkan selama 5 jam.

4.  Panggang ayam dalam oven panas bersuhu 180 derajat celcius, atau bisa dibakar di atas bara api hingga matang, angkat.

5.   Olesi ayam dengan mentega tawar, sajikan selagi masih panas dengan bumbu pelengkap.

Selesai! ayam tandoori siap anda nikmati bersama keluarga! Oh ya, bagi anda yang mungkin kesulitan mencari beberapa bahan, anda bisa membelinya di bagian khusus makanan impor di supermarket. Selamat mencoba Resep Ayam Tandoori Khas India !Resep Ayam Tandoori Khas India

*) Garam masala : bumbu rempah racikan khas India. Dijual dalam bentuk bubuk di supermarket.

Sumber: m.femina.com, wikipedia.org, kumpulananekaresep-rangkui.blogspot.com

Artikel CiciCookies Lainnya :


loading...
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Ayam Tandoori Khas India

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

0 comments:

Copyright © 2015 CiciCookies