Inilah Fungsi Protein Pada Ulat Jerman

Inilah Fungsi Protein Pada Ulat Jerman - Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Tidak hanya manusia saja. Tapi juga makhluk hidup lainnya, termasuk burung kicau yang kita pelihara. Protein akan membuat staminanya semakin baik dan akhirnya dia mampu berkicau dengan baik. Salah satu sumber protein yang tinggi adalah dari ulat jerman. Dibandingkan dengan jenis ulat lainnya. Ulat jerman memiliki protein dan nutrisi paling tinggi. Oleh karena itu banyak peternak yang menggunakan jenis ulat ini.




sumber: www.jualulatjerman.com

Fungsi Protein Ulat Jerman Pada Burung

Kandungan protein di ulat jerman sebesar 19, 6%. Kandungan ini paling tinggi dibandingkan nutrisi lainnya. Bahkan dibandingkan dengan ulat hongkong,kandungan proteinnya yang paling tinggi. Protein merupakan nutrisi yang mengandung nitrogen tinggi, untuk burung ada dua jenis protein yang diberikan. Yaitu protein hewani dan nabati. Protein yang terdapat di ulat ini termasuk protein hewani. Lalu sebenarnya apa saja fungsi protein untuk burung kicau, kita akan jelaskan dibawah ini satu persatu.

1. Membentuk sel jaringan tubuh

Protein bisa membantu pembentukan sel jaringan tubuh. Jadi bagus untuk burung yang masih dalam masa pertumbuhan. Supaya burung bisa memiliki sel jaringan yang kuat. Kebutuhan protein burung mudah 35% lebih banyak dibandingkan burung dewasa. Karena burung muda, membutuhkan lebih banyak protein untuk pembentukan sel jaringan baru,sehingga dia mampu tubuh dewasa.
Mengganti/memperbaiki sel yang rusak

Protein pada ulat jerman tidak hanya membentuk sel jaringan tubuh saja. Tapi juga memperbaiki dan mengganti sel yang rusak. Dalam masa pertumbuhan, pasti akan ada sel jaringan yang rusak. Apalagi burung mengalami cidera, dengan pemberian protein yang tepat, akan membuat proses penyembuhan semakin cepat. Jangan pernah sepelekan pemberian protein pada burung, karena bagus untuk tumbuh kembangnya.

2. Sebagai sumber energi

Pasti anda tidak ingin melihat burung kicau yang lesu, tidak mau bergerak sama sekali. Jika burung anda mengalami hal itu, mungkin kekurangan asupan protein. Karena protein berfungsi sebagai sumber energi. Protein bisa membuat stamina burung semakin meningkat dan akhirnya dia kembali aktif. Jangan pernah abaikan hal ini, karena kalau burung sudah lesu. Kemungkinan meninggal pun semakin tinggi. Tapi tentunya takarannya harus tepat, supaya burung tidak over aktif. Takaran yang tepat, akan membuat burung tetap rajin berkicau dan bergerak.

3. Membuat Warna bulu semakin bagus

Protein juga mampu membuat warna bulu semakin mengkilap dan cerah. Ini cocok untuk jenis burung, yang memiliki warna bulu bagus. Seperti burung love bird, kenari dan lainnya. Dengan adanya protein, akan membuat bulunya semakin tumbuh dengan baik. Pigmen warnanya pun semakin bagus.

Ada banyak sekali fungsi ulat jerman untuk burung. Ini yang membuat banyak peternak memberikan ulat ini untuk pakan tambahan burung. Dibandingkan dengan ulat hongkong, jenis jerman ini memang lebih aman dan bagus untuk burung. Walaupun kandungan proteinnya tinggi, tapi tidak akan membuat burung over birahi. Tidak seperti ulat hongkong, yang bisa membuat burung panas atau over birahi. Akhirnya malah jarang berkicau. Oleh karena itu ulat hongkong hanya diberikan pada saat menjelang perlombaan.

Berbeda dengan ulat jerman. Walaupun diberikan setiap hari, tidak akan membuat burung over birahi. Tetap sehat dan berkicau dengan rajin. Bahkan suara kicauannya semakin gacor dan merdu. Tentunya hal inilah yang diinginkan oleh semua peternak burung kicau. Silahkan cari ulat jerman di toko burung yang jual ulat jerman hidup atau toko umpan pancing. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Deskripsi: ulat jerman memiliki protein yang tinggi. Protein ini memiliki manfaat yang banyak sekali untuk perkembangan burung.


© 2017 CiciCookies - Created by MDCSite